Who Lives Under the Sea? Spongebob Squarepants! Who Else? Corals!

Written by Raisa Sasikirana

November 5th, 2021

  Apabila ditanya, “Siapa tokoh kartun yang berbentuk kotak yang tinggal di bawah laut?”

            Kita akan dengan lantang menjawab, “Spongebob!”

            Spongebob Squarepants adalah serial kartun yang mengangkat tokoh-tokoh ceritanya dari spesies dan biota laut yang sesungguhnya. Seperti tokoh Spongebob yang merupakan spons laut, tokoh Patrick yang ialah bintang laut, dan tokoh Mister Crab yang adalah kepiting.

            Siapa lagi?

            Banyak!

            Tentunya jangan lupakan karang-karang yang ada dalam serial tersebut. Nah, siapa yang ingat episode Patrick tiba tiba jadi jenius karena karang otak? Karang otak memang ada, tapi aslinya berbentuk bulat dan memiliki pattern seperti otak manusia

1. Brain Corals

Brain Coral Fields di Kartun Spongebob Squarepants Sumber : Encyclopedia SpongeBobia

Karang Otak Sumber : Canva

     

2. Acropora Corals

            Selain karang otak, digambarkan juga karang jenis Acropora pada kartun Spongebob Squarepants ini sebagai Coral Tree di samping rumah Squidward. Coral Tree diumpamakan sebagai Pohon Natal, di musim salju.

Coral Tree di Kartun Spongebob Squarepants Sumber : Canva

Karang Jenis Acropora Sumber : Canva

 

3. Tube Corals

Nah, kalian pasti sering liat terumbu karang ini seliweran di latar-nya kartun Spongebob. Karang ini di sebut Tube Coral, atau Tubipora musica.

Tube Corals di Kartun Spongebob Squarepants Sumber : Encyclopedia SpongeBobia

Tube Corals Sumber : Canva

 

            Nah, tahukah kalian kalau tokoh-tokoh tersebut (di alam nyata) tentunya memerlukan terumbu karang dan ekosistemnya untuk hidup?

            Maka jikalau kalian ingin bertemu dengan tokoh-tokoh dari serial Spongebob Squarepants, kalian bisa mencari tempat menyelam dengan ekosistem terumbu karang yang bagus.

            Kenapa harus terumbu karang yang bagus? Karena terumbu karang ini merupakan rumah bagi hewan-hewan laut (bukan rumah nanas seperti milik Spongebob pastinya). Jadi seperti selayaknya tempat tinggal, mereka akan mencari tempat yang nyaman untuk ditinggali. Tempat untuk mereka berlindung, tempat untuk mendapatkan makanan, tempat untuk tumbuh dan berkembangbiak, yang jelas sebagai tempat mereka hidup dalam kesehariannya.

            Kebayang dong, kehidupan Spongebob dan kawan-kawannya seperti apa di bawah laut ini.

Tidak hanya sekadar rumah bagi biota laut, terumbu karang juga berguna sebagai pencegah abrasi, potensi obat-obatan, dan masih banyak lagi! (Baca selengkapnya di 7 Fakta Terumbu Karang)

Terumbu karang yang ada sangatlah bermacam-macam pula mulai dari soft coral hingga hard coral.

            Eits… tapi jangan lupa juga bahwa tempat dengan ekosistem terumbu karang yang bagus ini tetap perlu dijaga kelestariannya bila kalian masih ingin bertemu dengan penghuni laut yang lucu-lucu seperti Spongebob.

            Karena bilamana terumbu karang ini rusak, ekosistem yang ada juga akan terganggu. Termasuk imbasnya kepada para warga Bikini Bottom yang akan kehilangan rumah, makanan, dan tempat berlindung mereka.

            Meskipun kerusakan terumbu karang bisa terjadi secara alamiah, ternyata lebih banyak kerusakan yang terjadi karena ulah manusia.

            Ulah manusia seperti apa saja sih yang bisa merusak terumbu karang? Baca lebih lengkapnya di: Dampak Aktivitas Manusia Terhadap Terumbu Karang

You May Also Like…

Blue Economy

Blue Economy

The World Bank defines Blue Economy as “sustainable of ocean resources for economic growth, improved livelihoods and...

A-Z About Baby Coral

A-Z About Baby Coral

Kami sering sekali menyuarakan dan bicara tentang  adopsi baby coral. Lantas apa sebenarnya baby coral itu, dan apa...

0 Comments