To get this page information in English, click here

SCHOLAR REEF 2020

 

Apakah kamu yang kami cari?

Apakah kamu seorang pemuda-pemudi pembuat perubahan yang ingin belajar tentang Terumbu Karang dan Komunitas lokal dengan tujuan untuk meningkatkan portofolio Anda untuk proyek atau aplikasi pekerjaan Anda di masa depan?

Scholar Reef 2020

adalah kesempatan untuk melatih 12 pemudi-pemuda Indonesia terpilih untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, keterampilan, komitmen dan membangun portofolio serta jaringan untuk rencana karir masa depan di bidang konservasi terumbu karang agar terciptanya konservasi yang berkelanjutan di generasi mendatang. SCHOLAR REEF akan dilaksanakan di 3 sites Biorock Indonesia yang berada di Bali dan Ambon. Sedangkan bagi yang tidak dapat mengikuti program ini tetapi tertarik mempelajari materinya, Biorock Indonesia membuat platform bernama International Community Scholar Reef guna mengakses materi yang tersedia secara online.

 

Tentang Program

Citizen Scientist

Scholar Reefs adalah untuk semua orang dengan berbagai latar belakang pendidikan dan keahlian tetapi bersemangat tentang konservasi dan ingin mengembangkan pengetahuan tentang penelitian dan Konservasi Terumbu Karang terutama jika Anda tinggal di dekat lokasi kami. Mari bergabung dengan program ini!

Konservasi untuk generasi mendatang

Anak muda memiliki peran besar untuk berkontribusi dalam upaya lingkungan dan konservasi yang berkelanjutan. Anak muda memiliki lebih banyak energi, kreativitas, dan kekuatan untuk menjadi pemimpin atas perubahan! Kamu adalah inisiator di komunitasmu. Mari kembangkan pengetahuan dalam bidang konservasi dan kepemimpinan melalui program ini. Sekarang adalah waktunya!

Perempuan adalah masa depan

kami percaya perempuan memiliki peran penting dalam konservasi karang. Peran dan tanggung jawab khusus perempuan dalam rumah tangga, komunitas, dan masyarakat mengarahkan perempuan untuk mengembangkan pengetahuan unik terkait keanekaragaman hayati, dibentuk oleh kebutuhan dan prioritas khusus mereka tetapi peran perempuan telah terdegradasi karena penindasan yang diciptakan oleh sistem patriarki, Sekarang saatnya untuk bergerak bersama. Kami memanggil kamu perempuan calon pemimpin komunitas masa depan untuk bergabung dengan Program kami.

Apa yang akan kamu pelajari?

Kami membuat modul komunikatif bagi kamu untuk meningkatkan keterampilan penelitian  dan mendapatkan lebih banyak wawasan tentang Rehabilitasi Karang. Modul yang dibuat oleh para ahli di bidang Konservasi dan Ilmu Sosial. Kamu juga akan belajar bagaimana mengkomunikasikan ide-idemu melalui membuat Blog, Vlog, dan menyebarkannya melalui media sosial.

Konservasi Terumbu Karang

Kamu akan belajar tentang Teknik Pemantauan Terumbu Karang dan Pesisir dan bagaimana menggunakannya dalam merencanakan dan mengevaluasi Proyek Restorasi

 

 

Sosial Ekonomi

Kamu akan belajar tentang perikanan Sosial Ekonomi, Pengembangan Masyarakat dan Antropologi. 

 

 

 

Komunikasi 

 

PERKENALKAN 12 LOCAL SCHOLAR REEF 2020

Mereka adalah calon pelindung karang masa depan yang terpilih dari 100 pendaftar Scholar Reef 2020. Mereka adalah anak muda #citizenscientist yang memiliki passion dan minat yang tinggi atas konservasi terumbu karang yang berkelanjutan. Berasal dari sabang sampai merauke, dari berbagai latar belakang pendidikan dan 50% adalah perempuan, mereka siap menjadi garda terdepan dalam pelestarian terumbu karang untuk masa depan karang sehat demi komunitas yang kuat.
Ade Gde Tangkas Vahyu Arya

Ade Gde Tangkas Vahyu Arya

Mahasiswa Kelautan

Tim Ekologi Pemuteran, Bali

Rim Karlina Br Tarigan

Rim Karlina Br Tarigan

Sarjana Perikanan

Tim Ekolog Pemuteran, Balii 

I Wayan Dodo Saputra

I Wayan Dodo Saputra

Mahasiswa Kelautan

Tim Sosio Ekonomi Pemuteran, Bali

Komang Shinta Praptini Putri

Komang Shinta Praptini Putri

Mahasiswi Kelautan

Tim Sosio Ekonomi Pemuteran, Bali

Fany Aljihad

Fany Aljihad

Mahasiswi Pendidika Biologi

Tim Sosio Ekonomi Ambon, Maluku

Ibrahim Bambang Marasabessy

Ibrahim Bambang Marasabessy

Mahasiswa Teknik

Tim Sosio Ekonomi Ambon, Maluku

Stella Marceline Joice Kaiya

Stella Marceline Joice Kaiya

Mahasiswi Kelautan

Tim Ekologi Ambon, Maluku

Prandito Simanjuntak

Prandito Simanjuntak

Mahasiswa Kelautan

Tim Ekologi Ambon, Maluku

Komang Widiadnyana

Komang Widiadnyana

Mahasiswa Biologi

Tim Ekologi Nusa Dua, Bali

Yolla Jessika

Yolla Jessika

Mahasiswi Kelautan

Tim Ekologi Nusa Dua, Bali

Muhammad Rizal

Muhammad Rizal

Mahasiswa Kelautan

Tim Sosio Ekonomi Nusa Dua, Bali

Ni Wayan Kartika Simastuti

Ni Wayan Kartika Simastuti

Sarjana Geografi

Tim Sosio Ekonomi Nusa Dua, Bali

Bergabunglah dengan Komunitas Scholar Reef Internasional

Jika Anda tertarik untuk bergabung tetapi tidak dapat berpartisipasi dalam program ini  karena # COVID-19, Anda mendapatkan akses premium untuk mempelajari semua pelajaran dengan memberikan donasi dalam jumlah berapa pun. Dengan bergabung dengan program ini, Anda juga membantu kami mengumpulkan lebih banyak data dan mempercepat pekerjaan. Anda adalah bagian dari perubahan yang ingin kita lihat di masa depan..

 

IKUt sekarang

 Support Scholar Reefs Lokal

Donasi Anda dapat membantu kami menyediakan fasilitas penunjang untuk 12 peserta sehingga mereka dapat memiliki peluang yang lebih baik untuk bekerja atau membuat proyek di Konservasi Laut, sebagai pelindung karang di masa depan.

 

Sponsor Kami

Pelatih Scholar Reef

Beginer Subhan

Beginer Subhan

Bidang Ekologi

Begin adalah Dosen dan Peneliti Biologi Kelautan dari Institut Pertanian Bogor. Dia adalah salah satu dari dua pelatih di Indonesia untuk Metode Identifikasi Karang menggunakan Coral Finder atau Coral ID. Saat ini, Begin secara aktif terlibat dalam kampanye Penyelaman Ilmiah, sebuah program yang mendorong penggunaan keterampilan Scuba Diving untuk kegiatan ilmiah. Dia juga bertanggung jawab untuk desain, analisis, dan publikasi penelitian ilmiah tentang Proyek Biorock.

Frisca Tobing

Frisca Tobing

Bidang Antropologi

Frisca bekerja sebagai peneliti untuk Yayasan World Resources Institute (WRI) di Indonesia dalam perhutanan sosial. Dia menggunakan latar belakangnya dalam antropologi terapan untuk membantunya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pekerjaan perkembangan. Frisca saat ini sedang meneliti tingkat partisipasi perempuan dalam mengelola hutan sosial. Penelitian ini diharapkan menjadi batu loncatan bagi organisasi untuk meningkatkan kesetaraan gender dalam penelitian kehutanan. Selain itu, ia sedang mengembangkan penelitian tentang praktik-praktik masyarakat yang berkontribusi pada laju deforestasi di kawasan hutan sosial.

Suadi, Ph.D.

Suadi, Ph.D.

Bidang Sosial Ekonomi Perikanan

Suadi adalah Dosen di Departemen Perikanan, Universitas Gadjah Mada. Keahliannya dalam Manajemen Sumberdaya Perikanan dan Perikanan Sosial-Ekonomi. Ia menerima gelar PhD dalam Perikanan (2007). Tesisnya adalah Mata Pencaharian dari Commons: Konflik, Kerjasama, dan Tata Kelola Sumber Daya Pesisir di Indonesia. Dia adalah penulis makalah dan buku dalam berbagai topik di antara manajemen perikanan. Minat akademis utamanya dan topik penelitiannya adalah Pemberdayaan sumber daya perikanan, Ekonomi Perikanan dan pembangunan Pedesaan.

Tasya Karissa

Tasya Karissa

Bidang Sosial Ekonomi & Pemberdayaan Perempuan

Tasya adalah Direktur Biorock Indonesia dan memimpin semua proyek Biorock Indonesia bersama dengan tim dan mitranya. Tasya adalah advokat untuk pemberdayaan dan kesetaraan perempuan. Selain Biorock, ia juga memiliki latar belakang yang kuat dalam perubahan iklim saat ia bekerja sebagai Konsultan untuk Mekanisme Pembangunan Bersih selama lima tahun. Dia juga ahli dalam strategi pelibatan masyarakat dan mengelola organisasi Nirlaba.

Rama Bachtiar

Rama Bachtiar

Bidang Ekologi

Ramadian Bachtiar adalah kandidat doktor biologi laut di Victoria University of Wellington, Selandia Baru. Rama tergabung ke dalam kelompok riset ekologi sponge, dimana fokus penelitiannya adalah fitur heterotrophy-autotrophy sponge dan peran sponge dalam siklus karbon. Rama sangat tertarik dengan pembangunan sosial dan citizen science. Dia percaya bahwa sains tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, dan semua orang dapat berkontribusi untuk sains. Rama aktif dalam kegiatan citizen science dalam monitoring kehidupan habitat laut di Kawasan Wellington dan juga kegiatan community snorkeling guna memperkenalkan kehidupan laut kepada warga Wellington.

Prita Laura

Prita Laura

Bidang Komunikasi

Prita Laura adalah Ketua Harian Pandu Laut Nusantara. Ia juga pembawa acara berita Indonesia. Ia memiliki 16 tahun pengalaman bekerja sebagai jurnalis di Metro TV. Dia adalah pembawa acara malam-berita, seperti Top News, Metro Today, dan program wisata Archipelago. Sejak 2003, ia telah bekerja di Metro TV membawa berita tentang Metro Malam, Metro Pagi dan Metro Siang. Ia adalah alumni dari Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Ia juga memiliki 17 tahun pengalaman sebagai moderator dan presenter berbagai isu. 10 tahun berpengalaman dalam Pelatihan dan pembicara di bidang komunikasi dan media.