Masa Depan Tanpa Karang: Apa yang Akan Terjadi?

Written by Raisa Sasikirana

Jan 19th, 2022

Pernah terbayangkan kah atau terlintas sejenak saja di benakmu apabila di masa depan kita hidup tanpa satu pun karang? Apa yang akan terjadi? Apa saja yang berubah dengan ketiadaannya terumbu karang?

Berbagai kemungkinan yang bisa terjadi ialah sebagai berikut:

 

  • Berkurangnya Oksigen secara drastis

Sekitar 50%-85% oksigen yang ada di bumi ini merupakan hasil dari laut. Maka apabila tidak ada terumbu karang lagi yang sehat, akan memengaruhi kesehatan laut dan habitat-habitat lainnya sebagai penghasil oksigen.

  • Tidak dapat makan seafood lagi

Dengan terumbu karang yang punah. Ikan-ikan dan makhluk hidup lainnya tentu juga terpengaruhi, karena kehidupan mereka tergantung pada terumbu karang ini. Bila satu saja rangkaian ekosistem hilang, spesies lainnya pun juga akan ikut menghilang.

  • Industri perikanan dan pariwisata yang menurun

Dengan berkurangnya ikan-ikan, para nelayan akan semakin kesulitan mencari mata pencaharian. Kegiatan pariwisata juga akan menurun dengan hilangnya terumbu karang yang menjadi “atraksi” pengunjung. Terlebih dengan banyaknya orang yang kehidupannya bergantung pada hal-hal tersebut.

Bisa-bisa tidak hanya masa depan tanpa karang, tapi juga masa depan tanpa uang.

  • Memudarnya penjagaan terhadap garis pantai

Terumbu karang dapat berguna sebagai penahan ombak dan cuaca ekstrim. Tanpa adanya terumbu karang, garis pantai akan lebih mudah mengalami erosi. Belum lagi bila ditambah dengan kenaikan air permukaan laut yang semakin mempersempit luas wilayah daratan.

  • Hilangnya potensi obat-obatan

Dalam dunia farmasi, banyak potensi obat-obatan seperti untuk menyembuhkan Alzheimer yang bahannya diambil dari terumbu karang. Jika terumbu karang hilang, maka kemungkinan untuk sembuh dari beberapa penyakit pun akan menguap.

  • Lautan yang penuh dengan “Slime”

Skenario yang diberikan beberapa ilmuwan mengatakan adanya kemungkinan untuk laut didominasi oleh alga yang pada akhirnya akan memproduksi lendir. Tidak hanya itu, algae juga akan menarik kemunculan ubur-ubur.

Mau tahu lebih banyak tentang terumbu karang? Pastikan kamu sudah membaca blog lainnya di sini.

Sumber:

The Reef-World Foundation. (2021). What Would Happen If There Were No Coral Reefs?. Diakses pada 22 November 2021, dari https://reef-world.org/blog/no-coral-reefs

Reefcause Conservation. (2021). What Would Happen If There Were No More Coral Reefs?. Diakses pada 22 November 2021, dari https://conservation.reefcause.com/what-would-happen-if-there-were-no-more-coral-reefs/

You May Also Like…

0 Comments