Berkenalan dengan Terumbu Karang dari Rumah

January 4th, 2021

Kangen melihat terumbu karang secara langsung? Atau jangan-jangan kamu belum pernah melihat terumbu karang? Jangan khawatir! Sekarang kita bisa menikmati pemandangan bawah laut melalui berbagai teknologi yang memungkinkan kita berkenalan dengan ekosistem terumbu karang di rumah masing-masing. Apa saja medium yang bisa kita gunakan untuk melihat terumbu karang dari rumah? Simak artikel berikut untuk tahu lebih lanjut!

 

  • Chasing Coral: The VR Experience

Pernah menonton film Chasing Coral? Netflix dan pembuat film Chasing Coral bekerja sama mengembangkan virtual reality (VR) di bawah laut tentang kesehatan dan pemutihan terumbu karang. Virtual reality berdurasi 6 menit ini dibuat dari hasil fotografi time-lapse Zackery Rago selama pembuatan film Chasing Coral dan berhasil mendokumentasikan proses pemutihan karang. Video ini bisa diunduh secara gratis untuk penggunaan pribadi. 

Perlengkapan VR yang perlu kamu siapkan untuk menonton video ini yaitu headset VR dan ponsel android. Jangan lupa mengunduh aplikasi gratis untuk mengakses VR seperti Gear VR. Tertarik untuk menonton? Buka tautan berikut, masukkan data diri dan ajukan permohonan untuk mengunduh video: https://www.chasingcoral.com/contact/

  • Google Expeditions

 

Berbeda dengan Chasing Coral: The VR Experience, Google Expeditions didesain untuk pembelajaran di kelas. Satu orang akan berperan sebagai dive master, sedangkan yang lain sebagai explorers. Terdapat lebih dari 12 perjalanan bawah laut yang bisa kamu pilih, mulai dari laut Galapagos, Karibia, Florida hingga Great Barrier Reef bersama terumbu karang.

 

Ekspedisi ini bisa kamu akses dengan secara berkelompok menggunakan VR atau sendiri dengan Google Street View. Untuk mengakses dengan VR, kamu perlu mengunduh aplikasi Expeditions di semua ponsel pengguna dan terhubung dalam satu jaringan. Untuk menonton dengan Google Street View, klik tautan berikut: https://www.chasingcoral.com/vr/ dan klik tombol “Explore With Google”. Kamu bisa mengakses Google Street View menggunakan ponsel, laptop, maupun komputer.

Gambar 1. Tampilan Google Expeditions

 

  • David Attenborough’s Great Barrier Reef Dive

 

Tersedia di Netflix dengan judul “Great Barrier Reef With David Attenborough”, kamu juga bisa menonton versi Virtual Realitynya di tautan berikut: https://www.attenboroughsreef.com/vr_trailer.php?&back=vr_dive Video lengkapnya berdurasi 19 menit yang diambil saat menyelam di kapal selam Triton bersama David Attenborough di Great Barrier Reef. Virtual Reality versi lengkapnya bisa kamu temukan bila berkunjung ke  National Museum Australia atau Trondheim Science Centre di Norway.

Gambar 2. Tampilan Laman David Attenborough’s Great Barrier Reef Dive

 

  • David Attenborough’s Great Barrier Reef

 

Berbeda dengan Virtual Reality sebelumnya, edukasi interaktif terumbu karang bersama David Attenborough ini dikemas dalam bentuk petualangan, selam virtual, narasi saintifik, peta ekspedisi, dan video menarik. Rangkaian petualangan ini mengunjungi 5 lokasi di Great Barrier Reef, yaitu Osprey, Aims, The Wreck of SS Yongala, Pulau Heron dan Pulau Lady Elliot. Terdapat 5 capaian dalam edukasi ini yaitu The Perfect Reef, Understanding The Reef, The Global Reef, The Future Reef, dan Get Involved. 

 

Edukasi interaktif ini cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bagi orang dewasa, media ini bisa menjadi pariwisata virtual dari rumah. Untuk anak-anak, media ini berfungsi sebagai hiburan dan pendidikan ekosistem terumbu karang yang bermanfaat. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? Klik tautan berikut: https://attenboroughsreef.com 

Gambar 3. Tampilan Laman David Attenborough’s Great Barrier Reef

 

  • Film Tentang Terumbu Karang

 

Banyak video pendek yang bisa kamu akses untuk melihat rekaman terumbu karang. Berikut beberapa dokumenter rekomendasi Biorock Indonesia yang bisa kamu tonton seputar terumbu karang:

  • Chasing Coral (2017)
  • Coral Reef Adventure (2003)
  • Desert Seas with David Attenborough (2011)
  • The Great Barrier Reef (2015)
  • Blue Planet II (2017)
  • Can We Save The Reef? (2017)

 

Kita tetap bisa mengenal ekosistem terumbu karang meski di rumah aja. Perkembangan teknologi memungkinkan akses video, film, virtual reality, livecams, foto panorama 360, dan masih banyak lagi cara mengenal terumbu karang di rumah. Mari ajak teman-teman, anak-anak dan keluarga untuk mengenal keindahan terumbu karang di dunia karena karang sehat berarti komunitas kuat.

 

You May Also Like…

Apa Itu Segitiga Terumbu Karang?

Apa Itu Segitiga Terumbu Karang?

Meski populasinya tersebar di seluruh dunia, 76% spesies terumbu karang dunia dapat dijumpai di Segitiga Terumbu...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *