Transplantasi karang dengan metode Biorock (C) Biorock Indonesia 2018
Direktur Biorock Indonesia, Prawita Tasya Karissa bersama Penyelenggara Acara Kementerian Koordinator Maritim dan Awesome Consulting (C) Biorock Indonesia 2018

Anak muda adalah agen perubahan. Dalam berbagai sektor kehidupan, peran anak-anak mudalah yang paling diharapkan. Anak-anak muda menjadi sumber ide sekaligus laskar yang kuat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, termasuk masalah wisata bahari dan kemaritiman di tanah air.

Inilah yang ingin disampaikan oleh Biorock dalam acara Young Entrepreneurs Maritime Symposium 2018. Dalam helatan yang bertajuk Where The Young Entrepreneurs Synergize With The Goverment” April lalu ini, Biorock ingin mengajak semua anak muda termasuk Anda untuk ikut serta berperan aktif mewujudkan usaha yang bermanfaat secara ekonomis namun tetap mempertahankan kelestarian alam.

Acara YEMS2018 ini diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Awesome Consulting. Berbagai profesi dan keahlian terlibat dalam symposium yang pertama kali diselenggarakan ini. Mulai dari pengusaha, pengacara, peneliti, aktivis lingkungan, mahasiswa, dan para professional.

Isu yang dibahas antara lain Kedaulatan Maritim, Ekonomi Maritim, Konservasi dan Pengelolaan Lingkungan Laut, serta Pengembangan Ilmu dan Teknologi di bidang Maritim.

Materi yang turut dipresentasikan oleh Biorock Indonesia sebagai salah satu pendukung acara dan juga pembicara adalah mengenai konsep Biorock Resort. Dengan menggunakan konsep ini, sektor pariwisata diharapkan dapat memberi manfaat sekaligus alat yang efektif untuk konservasi dan pembangunan yang berkelanjutan.

Presentasi Biorock Indonesia dapat dilihat pada video di bawah ini:

Cara lain yang bisa kita lakukan bersama adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana kampanye. Media sosial adalah tempat di mana banyak anak muda berkumpul dan saling mempengaruhi. Kampanye-kampanye melalui foto dan postingan-postingan blog bisa dimanfaatkan untuk bersama-sama menumbuhkan rasa cinta kita terhadap laut dan terumbu karang kita yang kaya.

Biorock dengan teknologi terkininya juga melakukan langkah untuk ikut serta melestarikan potensi bahari kita. Metode ini telah terbukti berhasil merestorasi terumbu karang di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya di Desa Pemuteran, Bali. Berkat usaha Biorock sejak tahun 2000 hingga sekarang, Pemuteran telah bertransformasi menjadi lokasi pembibitan terumbu karang dan proyek restorasi terumbu karang terbesar di dunia.

Bagaimana dengan Anda? Nah, kalau Anda tertarik dan tergugah untuk ikut serta berkontribusi, Anda bisa melakukannya lewat Biorock. Anda bisa memberikan donasi untuk membantu tim Biorock menjalankan misi selanjutnya, atau bisa juga dengan mendaftarkan diri Anda di team@biorock-indonesia.com dan ikuti workshop-nya. Ayo tunjukkan kalau anak-anak muda seperti Anda memang bisa membawa Indonesia pada perubahan yang positif!