10 Hal Menarik Mengenai Terumbu Karang

Written by Raisa Sasikirana

Mar 16th, 2022

Mendengar kata ‘terumbu karang’ rasanya sudah tidak asing lagi untuk didengar. Sering kali terumbu karang ini diasosiasikan dengan keindahannya yang tiada tara. Tapi selain keindahannya, terumbu karang juga menyimpan fakta-fakta lain yang tidak kalah menarik dari sekadar penampilan fisiknya yang indah. Apa saja sih hal-hal tersebut?

 

1. Karang adalah hewan

Banyak sekali yang masih sering keliru karena sekilas nampak seperti tumbuhan atau batu yang menetap di satu tempat. Tapi sebenarnya karang ini adalah hewan dan berdasarkan klasifikasinya termasuk ke dalam kingdom animalia.

(baca: Kenalan dengan Terumbu Karang: Hewan atau Tumbuhan?)

2. Membutuhkan Sinar Matahari

Walaupun karang adalah hewan, karang-karang ini tetap memerlukan sinar matahari untuk bertahan hidup. Inilah salah satu alasan mengapa menjaga air laut tetap bersih sangat penting, karena apabila air laut kotor atau terhalang, terumbu karang akan kesulitan untuk mendapatkan cahaya mataharinya.

3. Eits, Tapi Kalau Kepanasan Juga Bisa Berdampak Buruk

Sinar matahari memang penting, namun apabila suhu air laut menjadi terlalu panas karena cahaya matahari ini (baca: How Does Climate Change Affect Corals?), terumbu karang bisa mengalami pemutihan karang karena stress dan bisa mati apabila keadaan ini terjadi terlalu lama. Memang terumbu karang ini cukup sensitif terhadap suhu.

(baca: 6 Fakta Mengenai Coral Bleaching)

4. Menghasilkan oksigen

Ya, seperti tumbuhan, terumbu karang bisa menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen sebagai gantinya. Bahkan disinyalir terumbu karang memproduksi hingga 50%-80% oksigen yang ada di bumi.

(baca: Laut Penghasil 50%-80% Oksigen di Bumi)

5. Menjadi Rumah

Terumbu karang ini bukan hanya sekadar sebagai ‘hiasan’ laut namun juga berfungsi sebagai tempat tinggal sampai puluhan ribu spesies penghuni laut. Yup, seperti di film Finding Nemo di mana mereka tinggal dan beraktivitas di ekosistem terumbu karang.

(baca: Who Lives Under the Sea? Spongebob Squarepants! Who Else? Corals!)

6. Penyedia Makanan

Banyak sekali makanan laut (seafood) yang kita konsumsi, dulunya hidup dan berkembang biak di terumbu karang ini. Jadi secara tidak langsung terumbu karang membantu menyediakan makanan laut yang kita konsumsi.

(baca: Manfaat Terumbu Karang di Kehidupan Sehari-hari: Sumber Pangan Laut)

7. Obat

Akhir-akhir ini semakin banyak potensi obat-obatan yang bahannya diambil dari terumbu karang. Seperti potensi obat kanker juga alzheimer.

(baca: Manfaat Terumbu Karang di Kehidupan Sehari-hari: Potensi Obat-obatan)

8. Penjagaan Garis Pantai

Terumbu karang juga turut memproteksi garis pantai dari badai dan ombak besar yang berpotensi menyebabkan erosi ataupun merusak dan mengancam apa yang ada di darat.

9. Bisa Berkenalan Dari Rumah

Jangan takut kelewatan apa-apa, saat ini teknologi sudah semakin canggih sehingga bisa membawamu bertemu terumbu karang hanya dari rumah. Selain berselancar mencari informasi di internet perangkat digital untuk mengenali terumbu karang, kamu kini bisa merasakan virtual reality menyelami lautan. Bagaimana caranya? Baca di sini ya: Berkenalan dengan Terumbu Karang dari Rumah.

10. Berkemungkinan Masa Depan Tanpa Terumbu Karang

Sedihnya, habitat terumbu karang saat ini semakin terancam dengan maraknya coral bleaching, semakin sering terjadinya bencana alam, lautan yang penuh polusi, dan lainnya. Dengan fakta-fakta di atas, terumbu karang jelas memiliki manfaat yang tidak sedikit dan apabila terumbu karang telah tiada, banyak juga yang akan terkena imbasnya.

(baca: Masa Depan Tanpa Karang: Apa yang Akan Terjadi?)

 

Baca juga tentang bagaimana teknologi Biorock menyelamatkan terumbu karang: Apa itu Biorock dan Teknologi Biorock?

You May Also Like…

0 Comments